2024-05-26
10 gangguan psikologi

10 gangguan psikologi

Spread the love

Perkenalan Gangguan Psikologi

Di era modern saat ini, banyak individu yang menghadapi tantangan psikologis yang beragam. Gangguan psikologi merupakan kondisi dimana seseorang mengalami perubahan pola pikir, perasaan, atau perilaku yang menyebabkan penderitaan atau kesulitan dalam berfungsi sehari-hari.Berikut adalah sepuluh gangguan psikologi yang paling umum ditemui:

1. Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorders)

gangguan ini merupakan kelompok gangguan yang ditandai dengan perasaan cemas dan ketakutan yang berlebihan dan terus-menerus yang dimana mencakup gangguan kecemasan umum, gangguan panik, dan fobia spesifik. Penderita biasanya merasa cemas tanpa alasan yang jelas, merasa khawatir berlebihan, atau takut pada situasi atau objek tertentu.

2. Gangguan Mood (Mood Disorders)

Gangguan mood, juga dikenal sebagai gangguan afektif, melibatkan fluktuasi perasaan yang ekstrem. Depresi ditandai dengan perasaan sedih atau putus asa yang berkepanjangan, sementara manik depresif melibatkan perubahan mood antara perasaan sangat bahagia atau aktif (mania) dan sangat sedih atau putus asa.

3. Gangguan Psikotik

Gangguan psikotik adalah gangguan mental yang menyebabkan penderita kehilangan kontak dengan kenyataan. Skizofrenia adalah contoh gangguan psikotik, dimana penderita mungkin mendengar suara-suara yang tidak ada (halusinasi auditif) atau memiliki keyakinan yang salah (delusi).

4. Gangguan Psikologi Obsesif-Kompulsif (OCD)

OCD ditandai dengan kehadiran obsesi dan/atau kompulsi. Obsesi adalah pikiran atau gambaran yang tak diinginkan dan mengganggu, sedangkan kompulsi adalah tindakan yang dilakukan berulang kali untuk mengurangi kecemasan yang disebabkan oleh obsesi. Misalnya, seseorang mungkin merasa perlu untuk mencuci tangan berulang kali karena takut kuman.

5. Gangguan Stres Pascatrauma (PTSD)

PTSD adalah gangguan yang mungkin terjadi setelah seseorang mengalami trauma, seperti kekerasan, bencana alam, atau kecelakaan. Gejala meliputi menghindari situasi yang mengingatkan pada trauma, mengalami kilas balik, dan memiliki perasaan tegang atau mudah terkejut.

6. Skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan jiwa serius yang mempengaruhi bagaimana seseorang berpikir, merasa, dan berperilaku. Penderita biasanya memiliki kesulitan membedakan antara kenyataan dan imajinasi.

7. Depresi Mayor

Depresi mayor ditandai dengan perasaan sedih atau hilangnya minat atau kesenangan dalam aktivitas sehari-hari selama periode waktu yang lama.

8. Manik Depresif

Gangguan ini ditandai dengan perubahan mood dari sangat gembira (mania) ke sangat sedih (depresi).

9. Gangguan Hiperaktivitas Defisit Perhatian (ADHD)

ADHD adalah gangguan yang paling sering didiagnosis pada anak-anak. Gejalanya meliputi kesulitan mempertahankan perhatian, hiperaktivitas, dan perilaku impulsif.

10. Gangguan Psikologi Dissosiatif

Orang dengan gangguan dissosiatif sering kali melupakan peristiwa tertentu, biasanya yang traumatis, atau merasa terasing dari diri mereka sendiri.

Kesimpulan Gangguan Psikologi

Meskipun gangguan psikologi bisa sangat menantang, banyak dari mereka yang bisa diatasi atau dikelola dengan prioritaskan bantuan terapi, obat-obatan, dan dukungan sosial. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal menunjukkan gejala gangguan psikologi, penting untuk mencari bantuan dari profesional kesehatan mental.